Jumat, 24 Januari 2014

Cara Membuat Pakan Alami Lele dari Kotoran Sapi

Ada berbagai cara dalam mengolah limbah atau kotoran sapi menjadi pakan alternatif untuk lele. Mengapa yang digunakan adalah kotoran sapi? Hal ini karena kotoran sapi lebih cepat diuraikan dan menghasilkan organisme dengan bantuan probiotik sehingga bisa digunakan sebagai pakan utama lele.
Cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

1. Kumpulkan kotoran sapi yang telah dikeringkan
2. Dalam keadaan kering kotoran sapi tersebut di masukkan ke dalam kolam
3. Campurkan larutan probiotik dan tetes tebu/gula dengan perbandingan 1 liter probiotik Biocatfish 2 liter tetes tebu/gula dan 10 liter air sampai merata.
4. Dalam waktu 7-10 hari akan tumbuh plankton-plakton yang akan menjadi pakan utama lele.
5. Cara pemberian pakan untuk lele cukup diambil beberapa ember dari kolam yang berisi plankton tadi kemudian dimasukkan kedalam kolam lele dan dalam waktu kurang lebih 3- 4 bulan lele bisa di panen. (diolah dari deptan.go.id)

Memang menggunakan pakan organik dari kotoran sapi memerlukan waktu panen yang sedikit lebih lama dari cara budidaya biasa dengan menggunakan pellet tetapi dari sisi perbandingan biaya pakan akan sangat jauh berbeda. Bahkan menggunakan pakan organik dari fermentasi kotoran sapi ini dapat menghemat pakan 30-60%. Budidaya lele dengan pakan organik dari kotoran sapi banyak sekali manfaatnya, diantaranya adalah tidak perlu sering mengganti air kolam, lele organik mempunyai rasa daging yang lebih gurih, air bekas budidaya lele organik sangat baik untuk memupuk tanaman baik untuk pembibitan tanaman hortikultura (cabe, tomat dan lain-lain) ataupun untuk pembibitan tanaman keras seperti bibit jabon, sonokeling dan lain-lain serta masih banyak lagi manfaat lele dengan pakan organik ini.

Silahkan dicoba praktekkan sehingga bisa mensiasati budidaya lele untuk memperoleh hasil maksimal dengan modal minimal walau hanya menggunakan bahan pakan yang ada disekitar kita.

3 komentar:

  1. Brapa banyak/kg kotoran sapinya untuk
    1 ltr probiotik, 2 lter tta tebu at gula dan 10 liter air?
    Mohon jawabannya mksg

    BalasHapus
  2. Brapa banyak/kg kotoran sapinya untuk
    1 ltr probiotik, 2 lter tta tebu at gula dan 10 liter air?
    Mohon jawabannya mksg

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak, saya sangat terbantu dengan artikel ini. Semoga ke depannya bisa mengembangkan farm lele organik sebaik mungkin. Amiin.

    BalasHapus