Sabtu, 01 Februari 2014

Obat Alami Untuk Ikan Lele, Gurame, dan Patin

Antibiotik untuk mengatasi penyakit ikan air tawar adalah bawang putih (Allium sativum), dan daun ketapang (Termmalia cattapa). Hasil penelitian menginformasikan bahan lain yang dijadikan bahan antibiotik adalah daun sirih (Piper betle L), daun jambu biji (Psidium guajava L), jombang (Taraxacum officinale) dan daun sambiloto (Androgaphis paniculata). 

Daun sirih diketahui berdaya antioksidasi, antiseptik, bakterisida, dan fungisida. Tanaman sambiloto bersifat anti bakteri, sedangkan daun jambu biji selain bersifat anti bakteri juga bersifat anti viral. Beberapa tanaman obat yang sudah diteliti oleh peneliti dari BRKP DKP. 

Jenis Tanaman Dosis Perlakuan Peruntukan/Khasiat

Meniran




Pemberian 5000 mg daun Meniran   di aplikasikan untuk 1 liter air, di rendam selama lima jam Rendam (5 jam) atau bisa juga di tebarkan tebarkan ke kolam. 
Puasakan ikan selama 2 hari, malam nya di beri pakan sedikit 
Pengobatan Aeromonas hydrophila

Kipahit



Pemberian 10.000 mg daun Kipahit untuk 1 liter air 
Cara aplikasinya rendam daun selama  3 jam lalu siap di tebarkan ke kolam yang terkana Mycobacteriosis

Daun Semboja

600-700mg/l
Rendam
Anti Aeromonas hydrophila

Sambiloto

4 Sambiloto 200-300 mg/l
Rendam (lama)
Anti Aeromonas hydrophila
400 mg/l Rendam (lama) Meringankan KHV

Mengenai potemsi ekstrak daun kipahit setelah diteliti ternyata mampu menanggulangi penyakit mycobacteriosis” pada ikan Gurame. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium penyakit ikan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar, Bogor.

Pengujian yang dilakukan terhadap ikan Gurame ini ternyata pada level konsentrasi 10.000 mg/l dapat menghambat pertumbuhan bakteri uji, sedangkan perendaman ikan uji yang terinfeksi bakteri dengan dosis yang sama dengan lama perendaman 3 jam dapat digunakan untuk pengobatan penyakit Mycobacteriosis.

Sedangkan untuk menyembuhkan penyakit ikan yang disebabkan oleh Jamur bisa digunakan kunyit, bawang putih, daun sirih, daun pepaya dan brotowali. Bahan-bahan ini dapat berguna untuk membasmi penyakit jamur yang menempel pada tubuh ikan, walaupun dalam membasmi suatu penyakit dengan menggunakan bahan-bahan alami memiliki waktu yang lama. Kemudian dari ke-5 bahan-bahan alami yang dapat menyembuhkan penyakit jamur pada ikan yaitu bawang putih. 

Berikut keterangan mengenai tanaman yang berkahasiat lainnya: 
1. Bawang putih 25mg/l Obati serangan Aeromonas hydrophila pada ikan patin
2. Daun sirih 2gr/60ml Obati serangan Aeromonas hydrophila pada ikan lele
3. Daun jambu biji 0,2gr/60ml Obati serangan Aeromonas hydrophila pada ikan lele
4. Daun sambiloto 2gr/60ml Obati serangan Aeromonas hydrophila pada ikan lele
5. Daun jombang dan ketapang 60gr/l Obati serangan Aeromonas hydrophila pada ikan patin (sumber)

0 komentar:

Posting Komentar