Jumat, 07 Maret 2014

KRITERIA WARNA AIR KOLAM

Kriteria warna air kolam yang dapat dijadikan acuan standar dalam pengelolaan kualitas air adalah sebagai berikut:
* Warna air kolam hijau menunjukkan adanya dominansi fitoplankton chlorophyceae dengan sifat lebih stabil terhadap perubahan lingkungan dan cuaca karena mempunyai waktu mortalitas yang relatif panjang.
* Warna air kolam kecoklatan menunjukkan adanya dominansi zooplankton jenis diatomae. Jenis plankton ini dapat sebagai penyuplai pakan alami bagi ikan sehingga tingkat pertumbuhan dan perkembangan ikan relatif lebih cepat, jika pengelolaannya tidak cermat kestabilan kualitas perairan akan bersifat fluktuatif dan akan mengganggu tingkat kenyamanan ikan di dalam kolam.
* Warna air kolam kemerahan yang berarti menunjukkan dominansi fotosintetic bacteria. Semakin tingginya bahan organik, disertai menurunnya kelarutan oksigen (DO) akibat BOD yang meningkat, menurunnya pH air karena kelarutan asam organik yang cukup tinggi menyebabkan tumbuhnya bakteri fotosintetik. Bakteri fotosintetik merupakan bakteri yang mempunyai kemampuan melakukan fotosintesis tanpa membentuk molekul oksigen . Bakteri ini dapat menggunakan donor electron dari senyawa sulphur (H2S), disamping sumber nitrogen seperti amonia dan nitrit untuk pertumbuhannya.

0 komentar:

Posting Komentar